Komunitas Sharing Network Indonesia

Menggali, Mengkaji, Membagi

Mengkritisi Iklan PKS di TV (Opini Om Shani)

Posted by diarymurid pada 20 Februari 2009

Tentu semua tahu tentang iklan politik PKS yang baru-baru ini mucul di televisi. Iklan yang akhir-akhir ini sering nongol dilayar kaca ini menurut saya sangat bertolak belakang dengan latar belakang PKS yang merupakan Partai Dakwah.

Kenapa bertolak belakang?

Karena dilihat dari segimanapun itu adalah iklan yang Bodoh kurang matang dipersiapkan oleh PKS sendiri. Pertama soal model iklan tersebut yang dicerminkan oleh seorang wanita berambut panjang tanpa penutup kepala, ini sungguh menurut saya kekeliruan yang seharusnya lagi-lagi tak perlu dilakukan oleh karena kader PKS adalah jamaah Dakwah. Padahal Image yang ada dalam masyarakat dan juga mungkin diinginkan oleh PKS adalah sebuah partai yang agamis, taat kepada Tuhan Subhanahu Wata’la dan bersih serta amanah.

Padahal beberapa waktu kemarin Presiden PKS sempat terganjal akibat penyataannya yang dinilai merendahkan kalangan artis atau publik figure yang berkecimpung didunia hiburan. Masalah itu sempat disorot oleh beberapa blogger juga dan menjadi perbincangan hangat dijagad maya. Walau mungkin peritiwa yang lagi-lagi saya bilang seharusnya tidak perlu dilakukan justru PKS seperti menguliti dirinya sendiri.

Alih-alih dengan datangnya iklan ini akan melupakan peristiwa yang telah lalu itu, justru dengan adanya iklan ini mencerminkan bahwa kader-kader PKS tidak mampu menyerap Kampanye PKS yang ada distiker, pamlet dan lainnya yang cenderung menyeru kepada ketaatan. Ataukah mungkin PKS sudah merubah haluan Politiknya dan tidak lagi menyematkan title Partai Dakwah dalam Visinya?  lalu apa arti iklan ini? semoga ada kader dari PKS yang membaca ini kemudian menjawabnya.

Lain PKS lain pula PPP, partai dedengkot yang memang sudah berpengalaman dalam dunia politik memberikan iklan yang sangat bijak yang arahnya mengajak kepada masyarakat untuk tidak Golput. Mesti iklannya lumayan gak nyambung menurut saya, namun pesan yang dibawa lebih bijak dan tidak menjual apapun, sangat berbeda dengan iklan Partai lainnya yang cenderung gembar-gembor prestasi kerjanya dan track recordnya.

Masyarakat Indonesia sudah sangat pandai dalam hal berpolitik jadi tau mana yang harus dipilih dalam pemilu april nanti, artikel ini tidak bermaksud untuk menurunkan pamor PKS yang terbukti sukses dalam ajang Pilkada di beberapa wilayah di Indonesia namun ini hanyalah sebagai masukkan bagi PKS agar lebih memperbaiki diri, sehingga tercipta relevansi antara Visi dan Misi Partai dengan apa yang PKS keluarkan baik itu berupa Iklan, Kebijakan, Anggota Fraksi dan Keluaran PKS secara umum dan luas sehingga masyarakat merasakan bahwa PKS adalah pilihan yang tepat.

8 Tanggapan to “Mengkritisi Iklan PKS di TV (Opini Om Shani)”

  1. Setuju….🙂

  2. hammed said

    terima kasih atas kritikan terhadap iklan PKS.
    PKS emank partai dakwah. PKS berusaha mendakwahi warga indonesia untuk memilih pemimpin yang jujur,nonkorupsi,peduli. dakwah adalah mengajak kepada hal kebaikan. dakwah tidak hanya ditujukan kepada para jama’ah PKS sendiri,tapi juga kepada masyarakat luas. Cara penyampaian dakwahpun bermacam2, tidak hanya dimesjid, dimana-mana bisa berdakwah. pendakwah pun bukan hanya para da’i yang sudah sekolah dimesir atau dimanapun. bisa orang tua,muda,anak kecil,cewek,cowok pake kerudung/nggak. “Sampaikanlah pesan dari rasulullah, walau hanya satu ayat” iPKS dengan iklan track record+cewek ngga pke krudung… iklan itu juga merupakan dakwah.emmm… saat ini semua parpol sedang mprebutkan hati warga indonesia. ngga ktinggalan dengan PKS.emanknya ada parpol yang ada pendukungnya islam&pke kerudung smua? trus salah kah klo ada parpol yang pendukungnya nonmuslim yang boro2 pke krudung? PKS adalah salah satu parpol tidak akan ada tanpa mereka yang peduli dengan nasib para pemimpin yang korup. baik mereka muslim/nonmuslim+pke krudung/ngga. mohon maaf dan terima kasih.

    Maaf Diterima😀 (Bercanda Mas)……

    Saya disini bukan membicarakan soal siapa yang melakukan dakwah, tapi lebih kepada Dakwah itu sendiri. PKS adalah pemberi dakwah, kemudian sebagai Teladan harusnya tau pemposisikan dirinya, Betul ga?

    Nach kalo yang menjadi teladan aja nyontohin gak pake kerudung dalam iklannya, ntar kalo aktifis, simpatisan PKS atau bahkan awam berbondong2 copot kerudung gimana? salah siapa?

    Kalo Pak Haji (Ustadz di Masjid) Nyontohin pake celana pokean kalo dirumahan, ntar pas lagi ngasih ceramah masalah aurot pasti kena Cemes ama jamaah, itu cuma analogi, Afwan

  3. sukadukakehidupan said

    “ntar kalo aktifis, simpatisan PKS atau bahkan awam berbondong2 copot kerudung gimana? salah siapa?”

    waduh mas ga sampe segitunya kali. masak sih cuma iklan begituan sampe buka kerudung. awalnya aku juga kaget dengan iklan pks tsb. cewe tanpa jilbab. tapi ya aku sih pikir positi aja, mungin itu salah satu cara PKS untuk merangkul rakyat banyak dari semua golongan, sehingga jelas dan terbukti kalau PKS itu Partai Kita Semua. Afwan. Wallahua’lam

  4. aduyirt said

    saya jadi ingin membuat skripsi ttg iklan2 TV-nya PKS ni…ada yang bisa bantu gak?

  5. ariefdj™ said

    lha.. sapa tau ini masih ‘proses’.. sapa kali, sebelumnya dia tidak pake kerudung, kemudian setelah jadi kader PKS, terbuka hatinya sehingga pake kerudung.. kan biasanya iklan2 itu berlanjut.. Mungkin juga itu ‘bahasa sindiran’, coba deh perhatikan di poster2 di jalan, betapa tiba2 para caleg2 dari partai laen banyak yang pake kopiah atau baju koko.. hihi.. kebaikan kan bukan state of being, tapi state of becoming.. gitu deh kira2..

  6. Om Shani said

    wach kalo Gitu Pak, Kalo Istri Anda jalan pake Rok mini n Baju Tank Top buat nyindir cewek2 yang pakaiannya itu Anda perbolehkan ya?

    Astaghfirullah!

  7. ella said

    iya saya juga sempet mikir gitu pas ngeliat iklannya,,

  8. erry said

    setuju, pks memang berubah menjadi partai SEKULER ala KAFIRUN !!! jangan COBLOS PKS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: